Universitas Negeri Semarang Universitas Berwawasan Konservasi

Di UNNES, Pendidikan Pancasila menjadi mata kuliah wajib bagi mahasiswa di seluruh fakultas dan program studi yang ada. Melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat, kegiatan sosialisasi tersebut berjalan dengan lancar. Sosialisasi diharapkan dapat memberikan pemahaman penggunaan SIM KS, sehingga mempermudah pengelolaan knowledge kerja sama di tingkat universitas hingga ke prodi atau unit yang dapat dipantau secara terpusat dan dapat menjadi salah satu pendukung pemeringkatan institusi. Peneliti bidang pragmatik dan pembelajaran bahasa itu menambahkan, sebagai universitas yang mendorong terwujudnya tata kelola yang baik, UNNES memberikan kesempatan kepada dosen dan tenaga kependidikan untuk mengatur alur kerja sama di dalam sistem tersebut dengan persetujuan pimpinan terlebih dahulu.

Tim UNNES dapat bersaing dengan 625 tim dari a hundred and one perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Selain itu, di usia 13 Tahun FH UNNES berbagai prestasi dan capian telah toreh baik dalam bidang akademik, Umum dan Keuangan, maupun bidang Kemahasiswaan. Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, Universitas Negeri Semarang tak berhenti dalam melakukan inovasi. Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini, UNNES telah menunjukkan kontribusinya dalam memberikan manfaat bagi masyarakat. Hafidz berharap, dengan adanya inovasi mesin penetas telur otomatis bertenaga surya ini dapat meningkatkan perekonomian bagi kelompok tani Ngupoyo Upo Desa Timpik, serta menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan nilai-nilai dan karakter dalam bermasyarakat. Ini semakin meneguhkan reputasi UNNES sebagai univeritas yang unggul dan selalu mencetak karya dan inovasi.

Universitas Negeri Semarang sukses menyelenggarakan seminar daring menggunakan aplikasi Zoom dan disiarkan langsung melalui Chanel Youtube UNNES dengan tema prestasi dan industri olahraga di period New Normal, Selasa 30/6. UNNES selalu menekankan dan mendorong kepada seluruh warga UNNES baik dosen, tendik, dan mahasiswa agar tidak mengurangi produktifitasnya.Selain itu kegiatan akademik berjalan dengan lancar dan bagus karena didorong dengan e learning , kata Prof Fathur. Rektor berharap, mahasiswa memberikan peran nyata berdasarkan keilmuan, dapat menjaga nama baik perguruan tinggi, serta mengabarkan ke seluruh dunia prestasi UNNES.

Serangkaian Kegiatan Dies Natalis ke fifty six Universitas Negeri semarang diperingati dengan meriah, meskipun di tengah situasi pandemi. Kali ini UNNES menyelenggarakan kegiatan doa bersama dan UNNES Bersholawat yang bertajuk “Gemilang Untuk Indonesia Maju”, Jumat (19/3) di Gedung Kanzuz Sholawat Pekalongan. Dr Rina menyampaikan materi tentang implementasi pengelolaan limbah yang dilakukan oleh Telkom University yang diberi nama I-Want . Selain itu, Mendikbud menegaskan peran Perguruan Tinggi seperti UNNES penting untuk melahirkan lulusan dan calon-calon guru penggerak yang mampu memberikan teladan dan menyediakan kesempatan seluas-luasanya bagi dosen yang berinovasi, sehingga bisa menjadi inspirasi bagi pendidik lain di tanah Air. Wapres menambahkan, Tridharma Perguruan Tinggi harus dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan.

Viral live di tik-tok menghitung beras

“Pengarungan Sungai Progo kali ini panjang dan lama, tapi seru banget,” ungkap Muhamad Bayu Pamungkas salah satu anggota baru dari Jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Pengarungan hari kedua kemudian dilanjutkan di Sungai Elo dengan memenuhi beberapa praktik yang belum dilakukan. Kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan sesuai prosedur dari Paguyuban Operator Rafting Magelang. Bertempat di Sungai Elo dan Sungai Progo Magelang, kegiatan ini diikuti oleh sixteen orang anggota baru yang telah lulus Pendidikan dan Latihan yang terdiri dari sepuluh orang peserta putra dan enam peserta putri. Sementara Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum berharap prestasi yang diraih Kansha Levia Oriwarda dapat menjadi pacuan untuk mahasiswa lainnya untuk selalu bersemangat mengukir prestasi, pungkas Prof Fathur.

UNNES siap berkontribusi dalam transformasi olahraga dan ikut berkontribusi mencetak bintang-bintang olahraga di masa pandemi.” Ujar Rektor UNNES. Prestasi membanggakan diraih mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang yang berhasil meraih Silver Medal dalam Ajang International Science Project Competition yang diselenggarakan oleh INTOC Global Applied Life Sciences, Turkey. Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Semarang Prof Zaenuri menyampaikan kepada peserta SBMPTN Tahun 2021 yang dinyatakan lolos SBMPTN sebagai calon mahasiswa Universitas Negeri Semarang untuk melaksanakan rangkaian kegiatan registrasi mahasiswa sesuai ketentuan yang berlaku.

Harapannya kerjasama ini dapat segera diimplementasikan untuk mendukung BBTPPI Kementerian Perindustrian dalam menjalankan tugasnya khususnya di Semarang, pungkasnya. “Saya sangat bangga atas prestasi yang diraih mahasiswa-mahasiswa UNNES dengan berhasil lolos pada KBMI tahun 2021 ini” ungkap Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum. Berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan oleh kemdikbud pada Senin (3/5), ada sebanyak 537 proposal dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta berhasil lolos dan didanai untuk tahun ini.

Ketua Lembaga Pengembang Pendidikan dan Profesi UNNES Dr Ngabiyanto MSi menyampaikan PPL Daring ini menuntut mahasiswa menguasai teknologi pembelajaran, memproduksi media-media inovatif dalam penerapan pembelajaran jarak jauh. Dalam sambutannya, Dr Hendi Pratama menekankan, untuk melakukan akselerasi dalam bidang kerja sama, diperlukan sebuah sistem informasi yang terukur, akurat, dan reliable. “Kegiatan ini sangat bagus yang dapat memberikan peran dan peningkatan pendidikan dan juga UNNES memberikan beasiswa kuliah kepada meraka yang tidak mampu,” pungkas Prof Fathur. “UNNES sangat konsisten untuk terus menjalin silaturahmi kepada para orang tua, salah satunya di Fakultas Ekonomi.

Dalam paparannya, Rektor UNNES menyampaikan International webinar yang diadakan UNNES bersama Kedutaan Maroko menjadi ikhtiar kolektif dua bangsa yaitu Indonesia dan Maroko untuk menjalin hubungan keilmuan secara harmonis demi terciptanya masyarakat yang damai dalam lingkungan negara-negara Muslim di dunia. Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan International Webinar dengan tema Redefining Democracy and State Patriotism for Peace Muslims World yang diselanggarakan secara Daring dan Luring terbatas dengan protokol kesehatan. Selain itu, H E Mr Ouadiâ Benabdellah menambahkan, Maroko memiliki demokrasi yang berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan rakyatnya dan demokrasi maroko disesuaikan dengan kombinasi antara agama dan sistem pemerintahan dunia. Menurutnya, wanita memiliki multiperan yang sangat penting dalam mengatasi masalah pendidikan, sosial, ekonomi, dan budaya untuk kepentingan pemerataan pembangunan. Di era disrupsi saat ini, imbuhnya, wanita memiliki peran, fungsi, dan tugas menjadi pribadi yang cantik, sehat, berbudaya, dan mandiri serta dapat menginspirasi orang lain.

Selain itu, Ka UPT Konservasi menyampaikan UGSR ini dilatarbelakangi upaya mendukung kebijakan global terkait permasalahan lingkungan melalui upaya nyata menerapkan kebijakan berwawasan konservasi. “Inilah trobosan Universitas Negeri Semarang menyerukan seruan agar sekolah konsisten menerapkan semangat konservasi dalam tata Kakek Merah kelola pendidikannya sehingga sekolah menjadi teladan bagi warga dan masyarakat di sekitarnya,” pungkasnya. Bersamaan dengan peluncuran UNNES Green School Rangking yang diselenggarakan secara daring, Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengajak seluruh masyarakat khususnya civitas akademika untuk memelihara lingkungan, Sabtu (5/6).