Universitas Negeri Semarang Universitas Berwawasan Konservasi

Selain pelatihan yang berorientasi pada proses produksi, peserta juga dilatih tentang manajemen usaha, pembukuan keuangan, dan pemasaran produk. Guna memperluas pangsa pasar yang dituju, pelatihan difokuskan pada upaya memasarkan produk secara online melalui pemanfaatan kemajuan teknologi, perkembangan media sosial, dan internet. Prof Dr Eva Banowati MSi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FIS saat membuka kegiatan menyampaikan, kegiatan ini akan berlangsung sampai 14 Agustus 2020 diikuti oleh 12 mahasiswa terpilih dari semua jurusan dan prodi di FIS semester three dan 5.

Merespon perubahan pada masa pandemi saat ini, Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan Webinar bertema ”Pemasaran Makanan Jajanan Sehat Berbasis Pangan Lokal di Masa Pandemi Covid-19”. Diakhir arahan Prof Fathur menyampaikan 3 kunci yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan akselerasi yakni kebersamaan untuk meningkatkan kepercayaan, integritas , dan kerja nyata yang terukur dan transparan, tegas Prof Fathur. Kepala Biro Perencanaan & Keuangan Junjung Sugiyat SIP menyampaikan, Monev ini diikuti oleh semua unsur pimpinan ditingkat universitas maupun di unit kerja. Acara berlangsung di Ruang Kantil Gedung Auditorium dengan penerapan Protokol kesehatan ketat dari tim Gugus Tugas Pencegahan Covid 19 UNNES dan pertemuan dilakukan secara terbatas.

Disampaikan, produk-produk kerajinan bambu mendapatkan apresiasi yang baik dari masyarakat luar dan juga dinas setempat, sehingga hal ini dapat meningkatkan branding Desa Rogomulyo. Yuni menyampaikan pihaknya berharap dengan adanya pendampingan ini mampu mendorong kriya Dheling Art untuk semakin bersemangat, dalam menjalankan program yang sudah ditetapkan, agar dapat berkelanjutan. Ini membuktikan bahwa kehadiran UNNES diperhitungkan di tingkat dunia,” jelas Prof Fathur Rokhman.

Rektor UNNES, Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan sebagai universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional, UNNES memiliki konsisten dalam menjalin silaturahmi dengan berbagai pihak. Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman menyampaikan terima kasih kepada Ketua MPR Bambang Soesatyo yang telah memberikan kesempatan magang dan mendorong berbagai fakultas di UNNES untuk berinovasi dan berperan aktif dalam memajukan bangsa melalui merdeka belajar dan kampus merdeka melalui sinergi dengan MPR. Titan Ajiyana SPd menyambut baik program ini, agar dapat segera di implementasikan dalam waktu dekat. Pihaknya juga mendukung kerjasama di bidang pengembangan sumber daya manusia dan guru di Yayasan Al Himsya. Informasi umum terkait KRI divisi KRAI menyatakan KRAI dilaksanakan langsung ke tingkat nasional dengan 31 peserta dari perguruan tinggi negeri maupun swasta dan Bledheg Ijo masuk diantaranya.

Viral live di tik-tok menghitung beras

“Peringatan Hari Lahir Pancasila secara rutin diselenggarakan oleh Universitas Negeri Semarang sebagai kampus yang mengkonservasi dan menjadi benteng Pancasila. Meski pun demikian, karena ini suasana pandemi maka kami laporkan kepada Bapak Rektor, Fakultas Ilmu Sosial yang mendapatkan tugas dari Bapak tidak bisa menyelenggarakan dengan cara upacara seperti biasanya tetapi diselenggarakan secara khusus dalam bentuk seminar nasional,“ jelasnya. Tahun ini, peringatan Hari Lahir Pancasila di UNNES diselenggarakan secara luring terbatas dengan menerapkan standar dan protokol kesehatan yang ketat, kegiatan ini diselenggarakan bertempat di Auditorium UNNES pada Selasa (1/6).

Dalam kesempatan itu, Eri Cahyadi mengatakan bahwa Pemerintah Kota Surabaya berkomitmen untuk menyejahterakan warga. Dr Megawati Simanjuntak SPM menyampaikan strategi Pelaksanaan Penelitian di Masa Pandemi Covid-19 dan New Normal untuk bidang Sosial Humaniora dengan cara penerapan online survey untuk mengumpulkan knowledge dari responden, Focus Grup Discussion Online, Wawancara Mendalam Online, dan Metode Dikumentasi. Prof Ir Arif Budiman menyampaikan startegi Penelitian di bidang Sains dan Teknologi di masa Pandemi dengan cara melakukan reorientasi dari penelitian eksperimen menjadi simulasi yang hasilnya menjadi Paper, berdanai dengan situasi, dan Mengikuti SOP kerja di Lab di Masa New Normal. “Dalam masa pendemi Peneliti harus sehat, disiplin dalam melakukan protokol kesehatan, harus produktif dalam berkarya Tri Dharma tinggi,” kata Rektor UNNES. Kondisi ini diperparah dengan hancurnya rantai pasokan world Agen PAY4D sehingga berdampak ke hampir seluruh lapangan usaha terutama untuk sektor-sektor industri. Guncangan ekonomi yang ditimbulkan telah meluluhlantakkan hampir seluruh sendi perekonomian nasional, dan salah satu kelompok yang paling terdampak adalah kelompok UMKM.

“Allhamdulilah Pak Rektor ini merupakan prestasi luar biasa yang diraih mahasiswa UNNES. Staf Ahli Bidang Prestasi Mahasiswa Dr Nanik Wijayati M.Si melaporkan tujuan kegiatan ini untuk memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi dan berupaya meningkatkan kreativitas, inovasi, dan kualitas mahasiswa UNNES. Dalam kesempatan ini, Dorojatun menyatakan bahwa proyek ini akan mampu memantapkan peran serta UNNES dalam pengembangan pengelolaan perguruan tinggi dalam lingkup internasional. “Mudah-mudahan dengan terpilihnya Ketua dan Sekretaris ini bisa membawa kita kepada keberlangsungan kampus yang lebih baik. Mari kita bekerja mendampingi dan membantu Rektor memimpin universitas ini untuk menjadi universitas terbaik,” pungkas Dr Ir Sucipto. Langkah ini dimaksudkan untuk mendukung prestasi olahraga baik mahasiswa UNNES maupun atlet yang ada di Jawa Tengah, pungkasnya.

Kita wujudkan minimal 80 persen program studi kita terakreditasi A dan terakreditasi internasional. Program ini sesuai dengan kebijakan MBKM, yakni memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran. Selain itu, mahasiswa juga diberikan kebebasan untuk mengikuti kegiatan belajar di luar program studinya di dalam perguruan tinggi yang sama dengan bobot sks tertentu. Semua kegiatan tersebut dapat dilakukan oleh mahasiswa dengan dibimbing dosen dan diperlukan adanya perjanjian kerja sama jika dilakukan bersama pihak di luar program studi.

UNNES ikut andil dan secara penuh mendukung berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah ataupun masyarakat guna melestarikan lingkungan agar tetap lestari. “Pemerintah akan memberikan dukungan pengembangan ekonomi digital dalam untuk menciptakan iklim inovasi yang baik. Pemerintah mendorong olahraga agar tetap berjalan meski di tengah pandemi,” pungkasnya. Airlangga menyampaikan bahwa pengembangan ekonomi digital pada sektor industri olahraga nasional tentunya tak terlepas dari prestasi olahraga dan pencapaian atlet Indonesia sehingga diharapkan kecintaan terhadap atlet dan tim nasional bisa terus terbangun. Untuk itu mudah-mudahan kegiatan ini memberikan peran di dalam pengembangan kapasitas keilmuan di UNNES dan memberikan sumbangsih Indonesia kepada dunia dalam pengembangan hukum yang menjadi bagian dalam kolaborasi keilmuan masyarakat dunia,” jelas Rektor UNNES.

Dalam paparannya, Fajriyah menyampaikan adaptasi kebiasaan baru bidang pendidikan dengan mengkombinasi pembelajaran jarak jauh dengan tatap muka, dan pembelajaran dengan menerapkan protokol kesehatan, serta lingkungan sekolah yang sehat dan memenuhi protocol kesehatan. Tradisi berprestasi bagi mahasiswa Universitas Negeri Semarang merupakan suatu keharusan. Kali ini, tim UNNES yang merupakan kolaborasi antara dua fakultas yakni Fakultas Teknik dan Fakultas Bahasa dan Seni berhasil meraih Silver Medal pada Business Plan Competition yang diselenggarakan oleh Edutainer Nusantara Fair Indonesia tahun 2021. Peserta yang memilih program studi seni dan olahraga mengunggah portofolio uji keterampilan sesuai dengan ketentuan. Kemudian memilih program studi yang diminati, dengan menggunakan PIN pendaftaran, calon peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan besaran sesuai dengan pilihan prodi yang diambil.