Tips Dan Trik Agar Anak Mau Makan Buah Dan Sayur

“Jadi jangan memberinya satu porsi sayur saja, agar anak tidak kaget,” jelas Anna. Manfaat sayur untuk tubuh sudah tidak perlu dipertanyakan lagi ya, Moms. Sayangnya anak–anak sering menolak makan sayur dan lebih menyukai fast meals.

Jika kamu begadang atau tidur kurang dari enam jam, hal ini justru dapat mengganggu hormon yang mengontrol gula darah dan rasa lapar, yang nantinya dapat menyebabkan penambahan berat badan. Selain itu, kehilangan waktu tidur juga telah dikaitkan dengan meningkatnya risiko diabetes tipe 2. Tak hanya itu saja, masih banyak kebiasaan yang kerap kita lakukan yang ternyata justru dapat memicu naiknya risiko diabetes. Oleh karena itu, yuk simak beberapa kebiasaan buruk yang kerap kita lakukan yang dapat meningkatkan risiko diabetes.

Ini karena anak mengetahui bagaimana proses sayuran itu dimasak, dari masih mentah hingga menjadi sebuah hidangan. Maraknya berita tentang jaringan pedofilia di Facebook tentunya membuat orang tua khawatir. Lakukan beberapa hal ini untuk membentengi anak dari kejahatan seksual di dunia maya maupun di lingkungan rumah dan sekolah. Berikan bayam dan jenis sayuran lainnya di dalam ramen, mie, maupun saus spaghetti yang Ibu buat. Jangan mengenalkan buah-buahan dengan tekstur keras, rasa yang asam, sepat atau kurang menarik pada anak.

Setiap anak ternyata memiliki tingkat sensitivitas indera perasa yang berbeda, sehingga yang pahit menurut Si Kecil belum tentu pahit menurut balita lain. Lebih lanjut, Dr. Rita memberikan beberapa cara yang bisa dilakukan Bunda agar Si Kecil mau makan sayur. Jangan terlalu lama ketika memasak sayuran, agar warna, rasa dan vitamin di dalam sayuran tidak berkurang. Ibu juga perlu memberikan contoh sikap yang positif terhadap sayuran, dengan rajin mengonsumsinya. Tetapi, orang tua pun harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, untuk pengobatan dan perawatan anak selama sakit. Namun sebelum disajikan, pastikan terlebih dahulu kalau menu sayuran yang dibuat, memiliki cita rasa lezat yang sesuai dengan selera anak.

Lewat cara ini, mereka bisa mengenal jenis-jenis sayuran baru dan tertarik untuk mencoba mengonsumsinya. Alhasil dengan adanya pemaksaan tersebut, tidak jarang anak akan semakin tidak menyukai sayur mayur. Menurut Psikolog Anak, Kakek Merah FAFAFA Putu Andani, M.Psi, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan metode play eatfull. VIVA– Mengatasi anak yang sulit makan sayuran, terkadang membuat orangtua menempuh cara dengan memaksa anak memakannya.

Di sisi lain, ia juga bisa mulai membiasakan diri dengan rasa sayurannya. Cara ini juga bisa Ibu lakukan pada jenis sayuran lainnya, seperti wortel atau terong. Cara efektif agar anak makan sayur yang pertama adalah ajak si Kecil untuk ikut andil dalam memasak.

Cara agar anak mau mengkonsumsi sayur

Kamu juga bisa membuat anak tergiur, misalnya dengan mengatakan bahwa sayurannya punya rasa lezat. Tentunya anak tidak akan berminat mengonsumsi sayur jika ia melihat ayah dan ibunya juga tidak suka makan sayur. Anak juga bisa termotivasi untuk makan sayur saat ia melihat teman-temannya juga makan sayur. Anda bisa memberikan contoh makan sayur dan menyatakan bahwa rasanya enak. Tujuan memperkenalkan anak dengan satu jenis terlebih dahulu adalah agar anak mengenal betul sayuran tersebut.