Nana Mirdad Tanggapi Soal Ramai Tren ‘ikoy

Menurut pendapatnya, suami Tiara Pangestika itu membuat mental netizen menjadi pengemis dengan adanya ikoy-ikoyan. Dalam hal ini, kebiasaan masyarakat untuk mengambil jalan instan demi memenuhi kebutuhannya dengan menghubungi artis atau selebgram favoritnya. Ia mengaku tidak pernah memerintahkan netizen untuk meminta uang kepada influencer lain, bahkan ke kalangan selebritas.

Siapa pencetus Ikoy-ikoy

Berawal dari candaan belaka, Ikoy-ikoyan yang diciptakan Arief Muhammad mendapat respon positif dari pebisnis. Bahkan banyak pelaku bisnis menitipkan amanah kepadanya untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. “Buat netizen penganut ikoy-ikoyan. Mau duit. Mau banget. Kerja woy,” ucapnya. Belakangan ini Arief Muhammad tengah jadi sorotan karena permainan yang dicetusnya. Ikoy-koy namanya, permainan berbagi namun dikritik sebab dinilai mengajarkan psychological mengemis.

Korea Selatan juga punya kreasi nasi goreng yang tentunya enak untuk disantap saat sarapan. Nasi goreng mereka juga sempat viral karena cara memasaknya yang praktis dan unik. UII melakukan kerja Slot Online Terpercaya sama dengan kalangan industri dan asosiasi dalam berbagai bentuk kegiatan, antara lain penyediaan beasiswa, perekrutan lulusan UII, seminar, workshop, bantuan peralatan untuk laboratorium.

Nah, satu hal yang perlu kamu tahu adalah asal kata “ikoy-ikoyan” ini. Ternyata, kata itu adalah nama panggilan dari Rizqi Fadillah yang merupakan salah satu staf suami Tiara Pangestika ini. Sejak saat itu, tren ini kian merajalela, warganet berbondong-bondong meminta selebgram lainnya mengikuti hal serupa yang dilakukan Armuh. Bisnis Arief Muhammad (Instagram/@cakekinian.official)Tidak hanya Arief Muhammad, hampir semua artis sudah pernah menyoba bisnis cake kekinian ini.

Karena aksinya ini, Arief Muhammad pun mendapat julukan sebagai professional trendsetter oleh sejumlah selebgram lainnya. Ia mengajak siapapun, khususnya para influencer, artis, pengusaha dan teman-teman lainnya, untuk membantu orang-orang yang sedang kesulitan dana akibat terkena dampak pandemi ini. Munculnya fenomena ikoy-ikoyan ini membuat sejumlah influencer pun ditodong oleh para pengikutnya untuk melakukan hal yang sama seperti apa yang dilakukan Arief Muhammad. Sebut saja Nafa Urbach yang menjadi korban keganasan netizen tersebut.

Bisnis Arief Muhammad (Instagram/@ternakkostan)Bisnis kosan mahasiswa memang salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Karena itulah, Arief Muhammad dan Tipang pun merintis bisnis properti ini sejak tahun 2019 lalu. Ia memulainya dengan membangun kos ekslusif yang berlokasikan di kawasan kampus UII, Yogyakarta. Kos dengan desain minimalis dan didukung dengan fasilitas yang lengkap ini menjadi incaran anak muda kelas menengah ke atas yang sedang berkuliah di salah universitas ternama di kota gudeg tersebut. Pakar dari Universitas Gadjah Mada ini mengatakan, tren ini sebenarnya menjadi bentuk lain dari give away, hal yang sebelumnya sudah menjadi tren yang biasa di media sosial. Belakangan, ia mengaku mendapatkan donasi hingga ratusan juta dari sesama pengusaha dan influencer sehingga makin masif membagikan uangnya.

Banyak artis dan influencer yang kemudian men-tag Arief Muhammad untuk menjelaskan Ikoy-ikoyan yang trending. Ikoy-ikoyan ini menjadi tren positif yang disambut masyarakat luas, khususnya kaum muda. Mereka menjadi merasa tergerak untuk menyalurkan bantuan kepada sesama. Ada yang terbantu untuk memberi uang pada orang tuanya, membeli TV baru, mendapat modal usaha, HP baru, dan lain sebagainya. Selain itu, para influencer lainnya di luar sana pun menjadi terdorong untuk berbuat kebaikan yang serupa di masa pandemi ini. Awkarin dan Nikita mungkin adalah sedikit figur publik yang pernah mengalami hal seperti ini.

Ikoy sendiri sebenarnya diambil dari nama asisten Arief Muhammad yang bernama Muhammad Rizqi Fadhilah. Ikoy adalah sosok yang sering mengirimkan hadiah dan uang setiap kali Arief melakukan giveaway. “Ayo, masyarakat Indonesia jangan punya mental minta ini minta itu ke orang, dilatih untuk kerja keras dan punya semangat yang gigih untuk bisa dapetin yg kita mau,” ujarnya lagi. Jadi, Ikoy Ikoy-an diambil dari nama asisten pemilik akun @poconggg yang pernah terkenal di Twitter itu. Nah, selain Ikoy Ikoy-an, detikINET merangkum sejumlah pattern yang pernah viral.

KOMPAS.com – Tren ikoy-ikoyan, saweran online yang dipopulerkan Arief Muhammad, dikiritik sejumlah selebgram lainnya. Sepertinya, Arief memang tidak tanggung-tanggung dalam menjalankan permainan saweran online buatannya ini. Harapannya, keisengannya ini bisa membantu banyak orang yang sedang kesulitan ekonomi di tengah pandemi saat ini. Tak pelak, akunnya langsung diserbu warganet yang tertarik primary ikoy-ikoyan dengan harapan bisa mendapatkan sedikit derma. KOMPAS.com – Instagram sedang diramaikan dengan tren ikoy-ikoyan, dipopulerkan oleh Arief Muhammad, penulis yang kini lebih dikenal sebagai influencer. Muis mengajak kader HMI untuk aksi turun ke jalan mengkritik pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.