Belum Ada Aturan Pemerintah Yang Wajibkan Pengunjung Mal Bawa Kartu Vaksinasi

Adapun untuk aktivitas di PIM, pihak pengelola membenarkan aturan syarat vaksinasi tersebut yang ditunjukan kepada para pegawai maupun pengunjung sesuai sektor essensial. Sebagaimana toko farmasi, supermarket, perbankan, dan restoran yang hanya menyediakan supply. “Namun tentunya pemerintah juga harus memastikan ketersediaan dan kemudahan vaksinasi bagi semua masyarakat terutama yang berada di luar kota-kota besar. Pemerintah juga harus memastikan sertifikat vaksin dapat benar-benar berjalan baik dan lancar agar tidak ada kendala pada saat melakukan verifikasi di lapangan,” katanya. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bahwa sertifikat vaksinasi Covid-19 akan menjadi salah satu syarat pelonggaran berbagai aktivitas publik di Ibu Kota.

Sejumlah unggahan yang beredar memperlihatkan selebaran pengumuman yang menginformasikan bahwa pengunjung yang masuk ke PIM wajib membawa dan menunjukkan sertifikat vaksinasi covid-19 per three Agustus 2021. Petugas di pintu masuk akan memeriksa sertifikat vaksin kepada pedagang dan pengunjung pasar. Pedagang dan pengunjung pasar tradisional saat ini harus menujukkan sertifikat vaksin jika ingin beraktivitas di area pasar. Ketentuan ini berlaku untuk semua pasar yang berada di bawah naungan PD Pasar Jaya. Terkait hal ini, Pondok Indah Mal yang berlokasi di Jakarta Selatan sempat menjadi buah bibir warganet di media sosial. Pasalnya beredar selebaran yang mengatakan pengunjung PIM harus menunjukkan sertifikat vaksin mulai 3 Agustus 2021.

“Inmendagri tersebut saat ini telah tergelar dan kami menghimbau agar masyarakat mematuhinya. Selain itu kami juga mengajak masyarakat untuk vaksin supaya herd immunity,” pungkas Winardy. Mendengar jawaban dari petugas itu, pemuda tersebut tetap ngeyel untuk bisa masuk Surabaya. Sambil menunjukan pintu kost, ia mengajak petugas tersebut untuk ikut dirinya. Perintah itu tetap tidak dijalankan pemuda tersebut, ia keluar mobil dan mendekati petugas penyekatan.

Kebijakan itu berlaku usai pemerintah mulai menerapkan PPKM Level four di Jawa-Bali, termasuk DKI Jakarta. Tak hanya di lingkungan Balai Kota, Dedy juga menginstruksikan Sekretaris Daerah Kota Tegal untuk mengedarkan Surat Edaran bagi dunia usaha maupun instansi di Kota Tegal. Namun syarat tersebut tak berlaku bagi warga yang dalam masa tenggang tiga bulan usai terkena Covid-19, penduduk yang kontraindikasi vaksinasi corona, serta anak di bawah 12 tahun.

“Misalnya mall, orang dilarang masuk mall kalau belum dapat sertifikat vaksin. Nah, supaya tidak terjadi diskriminasi, Pemprov harus sediakan vaksin on the spot,” kata Teguh. Selain menunjukkan surat keterangan vaksinasi minimal dosis pertama, calon penumpang juga tetap harus melengkapi diri dengan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR. Ada pun masa berlaku surat keterangan tersebut, maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan. Aturan baru pun diterapkan bagi pedagang maupun pengunjung Pasar Blok A dan Blok B Tanah Abang, yakni wajib menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19. Sistem perawatan kesehatan dan rumah sakit di Indonesia berjuang untuk mengimbangi masuknya pasien baru COVID-19.

Di samping itu, dia meyakini pengecekan sertifikat vaksinasi bisa dilakukan dengan mudah. Pemprov DKI Jakarta juga menerbitkan ketentuan operasional perkantoran selama PPKM Level four di Jakarta. Dalam ketentuan itu, perkantoran yang bergerak di sektor esensial dan kritikal hanya boleh mengizinkan karyawan work from office jika sudah divaksinasi Corona. Mulai dari datang ke acara pernikahan, makan di restoran out of doors, hingga ngantor, warga di DKI Jakarta wajib menunjukkan bukti telah divaksin COVID-19. Seperti dilaporkan Xinhua, mal-mal di negara Arab pada Minggu pagi mendapati angkatan bersenjata di pintu masuk.

Berikut element cara mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin di PeduliLindungi. Seluruh informasi terkait penanganan Covid-19 di wilayah Provinsi DKI Jakarta dapat dilihat pada situs corona.jakarta.go.id. Khusus informasi daftar lokasi, kapasitas dan tingkat keterisian dari Fasilitas Isolasi Mandiri Berbayar, dapat dilihat pada laman ini. Berdasarkan evaluasi dari BST Tahap 1 dan usulan hasil musyawarah kelurahan, ditemukan ada warga yang masih layak dan memenuhi kriteria untuk mendapatkan bantuan sosial.

Apakah masuk mall harus membawa sertifikat vaksinasi

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memaparkan untuk perjalanan jarak jauh dan perjalanan dari dan menuju Jawa dan Bali harus menunjukkan kartu telah vaksin minimal dosis 1, hasil RT-PCR 2×24 jam atau antigen 1 x 24 jam. Hal ini sesuai Beli Free Spin dengan surat edaran Satgas Covid-19 Nomor 14 tahun 2021, tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandemi yang menjadi penjabaran PPKM darurat. Petugas tetap menjelaskan kalau harus mengantongi surat keterangan indekost.