Anak Enggan Makan Sayur Dan Buah, Coba Lakukan Trik Ini Agar Doyan!

Dengan begitu, ia akan dengan bangga memakan sayur yang dipilih dan diolahnya sendiri. Menurut peneliti HabEat, penting agar anak terus mencoba jenis sayur baru yang belum ia kenal. “Anak juga bisa bosan jika makan yang itu-itu saja”, kata Issanchou.

Berikan rentang antara 7-10 hari untuk mengenalkan satu buah pada anak-anak, karena setiap anak memiliki kemampuan berbeda untuk mengidentifikasi rasa. Sajikan jenis-jenis sayur dan buah yang baru seminggu atau sebulan sekali. Coba resep yang mengkombinasikan berbagai warna, rasa, dan jenis sayur agar anak terbiasa merasakan sesuatu yang baru dan indera-indera perasa mereka menjadi lebih fleksibel. Anak-anak tidak akan terbiasa makan sayur kalau orang tuanya juga tidak suka.

Cara agar anak mau mengkonsumsi sayur

Untuk itu meskipun sulit membujuk anak mau makan sayur, anda tetap harus berusaha melakukannya. Sangat penting untuk membiasakan anak makan sayur dan buah-buahan sejak kecil. Dengan mengenalkan sayuran sejak dini, kita bisa menghindari situasi di mana mereka tidak ingin makan dengan sehat dan membantu mereka mempertahankan makanan sehat sampai dewasa. Jika kamu ingin menghindari diabetes, cobalah untuk sering makan sayur dan buah. Banyak sayuran yang dapat membantu mengontrol gula darah sekaligus menurunkan berat badan seperti bayam, labu, tomat, dan brokoli. Kamu juga harus fokus untuk mengisi setengah piring dengan sayuran agar serat yang kamu butuhkan tercukupi.

Namun bagi sebagian orangtua hal tersebut sulit dilakukan karena anak tidak suka makan sayur. Kalau sudah begini orangtua biasanya membujuk Bandar Slot Online dengan iming-iming agar anak mau menyantap sayur. Cara agar anak doyan makan sayur dan buah bisa diterapkan di langkah keenam ini.

Tenang, Moms, membujuk Si Kecil untuk mau makan sayuran memang perlu siasat khusus. Ada cara-cara yang dapat Moms coba untuk membuat anak tertarik makan sayur. Menurut Anna, justru cara moderat dan hangat yang diterapkan secara konsisten dapat lebih efektif untuk membuat anak doyan makan sayur. Jika anak betul–betul tidak mau makan sayur, lebih baik Anda mengenalkannya secara bertahap.

Sehingga dengan begitu si kecil akan lebih jauh mengenal sayuran dan cara mengolahnya. Si kecil akan menjadi penasaran dan mencoba masakan yang anda buat dengannya. Jika anda mengikutsertakan anak dalam menyiapkan makanannya, maka ia akan menjadi lebih semangat untuk memakan makanannya, tidak terkecuali sayuran. Tak hanya di meja makan, sayur untuk anak juga bisa diperkenalkan lewat bacaan atau tontonan mereka.

Misalnya, Anda dapat memodifikasi buah-buahan dengan membuat sup buah, membuat sayuran menjadi puding, dan sebagainya. Untuk si Kecil yang masih balita, Anda bisa membuat sayuran menjadi bentuk yang lucu. Misalnya, membuat bentuk wajah dari potongan wortel, tomat, mentimun, dan sebagainya. Cara ini dinilai cukup efektif karena diharapkan bisa membuat anak mau makan sayur. Memaksa anak untuk makan sesuatu malah akan membuat mereka trauma dan terus menghindari makanan itu dalam jangka panjang, bahkan hingga dewasa.