5 Buku Penting Untuk Mengatur Keuangan

Poin yang paling penting ialah Anda harus bersikap disiplin dalam menerapkan pemisahan ini. Untuk memudahkanmu dalam membuat laporan keuangan, kamu bisa menggunakan Paper.id, sebuah software program bill dengan fitur penting seperti fitur accounting, fitur financing, dan fitur stock. Meski kamu mengurus usaha kamu sendiri, bukan berarti kamu tidak perlu mendapatkan gaji. Untuk itu, kamu bisa menyisihkan sedikit keuntungan dari pendapatan yang telah kamu dapatkan selama mengurus usaha kamu. Jika benar, keuangan bisnis dapat berjalan dengan lancar maka, bisnis bisa berkembang dan menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Namun jika kondisi keuangan anda minus, hal ini harus benar-benar Anda waspadai. Minus disini artinya pengeluaran anda lebih tinggi dibandingkan pendapatan. Supaya keinginan membeli rumah cepat terwujud, jangan ragu untuk memiliki dua rekening yang berbeda. Satu rekening untuk keperluan sehari-hari dan satu lagi rekening untuk menabung.

Cara mengatur keuangan dengan mudah

Sebagai contoh, kalau sebelumnya pos pengeluaranmu ditujukan untuk kebutuhan sehari-hari, tabungan, dan gaya hidup, ganti pos terakhir dengan tabungan darurat. Seperti yang disebutkan, menunda rekreasi atau mengurangi anggaran untuk hobi tak akan membuatmu rugi. Apalagi kalau uangnya disalurkan untuk hal-hal mendadak yang bisa terjadi di tengah pandemi. Ada cara mengaturmanajemen keuangankeluarga yang bisa dilakukan dengan rumus sederhana, yakni 50 – 30 – 10 – 10. Dengan rumus tersebut, 50% dari whole pendapatan keluarga akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan biaya hidup.

Tidak perlu khawatir karena pasti selalu ada cara agar kebutuhan Anda dan keluarga dapat terpenuhi serta tidak membuat Anda kewalahan mengalokasikan pemasukan. Lalu portofolio semacam apa yang paling sesuai dengan masa krisis? Tentu, portofolio yang condong ke aset-aset investasi yang memiliki tingkat risiko moderat, seperti reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, surat utang seperti ORI, SBR, atau sukuk ritel. Kegiatan investasi tidak serta merta harus berhenti di masa krisis, termasuk selama pandemi COVID-19 ini. Bagaimanapun, investasi merupakan jalan bagi kita untuk mencapai tujuan finansial di masa depan.

Coba carilah kegiatan/pekerjaan yang sifatnya mudah dikerjakan dan menguntungkan, misalnya berjualan online kebutuhan sehari-hari, atau membantu menjualkan produk rekan atau saudara. Dewasa ini sangat mudah untuk melakukan penawaran melalui sosial media, cobalah dan Anda akan memperoleh manfaat dari hal tersebut. Sebelum Anda menghitung dan mencatat keuangan bisnis Anda, pastikan anda tidak mencampur-adukkan antara uang pribadi dengan uang untuk bisnis. Jika Anda tidak memisahkannya, maka Anda akan kebingungan dalam mengelola keuangan bisnis. Jadi, lebih baik Anda membuka rekening financial institution khusus untuk bisnis Anda sejak awal Anda memulai usaha. Ini akan lebih memudahkan dalam pengelolaan finansial bisnis Anda.

Strategi dalam mengatur keuangan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dalam upaya menjaga kestabilan dan mengembangkan usaha kecil ke arah yang lebih baik. Hal ini merupakan kesalahan fatal yang sering terjadi dan menyebabkan keuangan usaha sulit dikembangkan. Judi Online Wakil Presiden Investor Muda di Fidelity, Kelly Lannan mengatakan bahwa tidak apa-apa untuk membuat kesalahan karena semua orang pun pasti mengalaminya. Namun, jangan sampai membiarkan satu hal menggagalkan rencana anggaran, tabungan, dan investasi yang telah dibangun.

Jangan sampai penghasilan yang diterima sudah habis, tetapi kebutuhan masih belum dapat dipenuhi semua. Perlu adanya upaya yang ekstra dan disiplin agar keuangan dapat diatur dengan baik. Perlu adanya upaya ekstra dalam menjaga kestabilan keuangan pribadi dan rumah tangga. CU Pancur Kasih akan membagikan 5 Tips yang dapat kamu gunakan untuk mengelola keuangan di masa pandemi. Kamu bisa menutup utang berbunga tinggi ini dengan menjual aset, mencairkan investasi, atau memakai dana darurat. Ketika utang sudah dibayar, segera kembalikan posisi aset, investasi, dan dana darurat ke level yang ideal.

Terakhir untuk pengeluaran pribadi atau gaya hidup yang maksimal 20 persen. Jika Anda ingin agar usaha atau bisnis yang Anda jalani berjalan dengan baik, Anda perlu teliti dalam menghitung pengeluaran dan pemasukan usaha Anda. Untuk melakukan hal tersebut, sangat penting bagi Anda untuk tidak menggabungkan uang usaha dengan uang pribadi Anda.

Apakah Anda masih ingin bekerja mencari uang atau mau menikmati hidup bersama anak cucu? Jika tidak ingin masa pensiun Anda nelangsa tanpa bekal keuangan yang cukup, tentu saja Anda harus mulai berpikir soal tabungan pensiun sejak masih muda. Penghasilan sebanyak apapun tidak akan menjamin kesejahteraan hidup kita jika kita tidak mengatur keuangan pribadi yang baik.

Dengan dalih “ah tidak setiap hari” atau “mumpung awal bulan”, hal ini jika terus berlanjut di masa depan maka bisa membahayakan keuangan kamu. Jika tidak bisa menjaganya, yang ada pemasukan kamu setiap bulannya hanya habis untuk membayar hutang/cicilan saja. Selain itu, kamu juga harus memaksakan diri untuk memangkas kebutuhan lain yang tidak terlalu penting untuk kepentingan ini. Jangan sampai pengeluaran yang tidak terlalu penting hanya akan membuat keuangan kamu semakin terpuruk. Biasakan untuk teratur melakukannya di awal bulan, setidaknya paling lama di tanggal 10 setiap bulan.