Pemerintah Dorong Skenario New Regular Untuk Ciptakan Kondisi Masyarakat Aman Dan Produktif Covid

Sehingga, Muhadjir meminta, pergantian istilah new regular tersebut tidak dipeributkan lagi. New Normalsuatu istilah yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam rangka mencoba mengatasi Pandemi Covid-19 ini.New Normalsuatu tatanan masyarakat dalam menghadapi Covid-19 ini, masyarakat harus memulai kehidupan baru dengan pola atau gaya kehidupan yang baru. Untuk menghadapi itu semua perlu ada aturan-aturan hukum yang akan digunakan untuk mengatur masyarakat agar masyarakat bisa menjalani kehidupan barunya. Negara/Pemerintah sebagai pihak yang bertanggung jawab mengelola negara mempunyai kewajiban untuk membuat aturan hukum itu supaya masyarakatnya bisa hidup dengan baik dan sehat di tengah-tengah Pandemi Covid-19.

Peraturan baru dalam masa new normal

Pada prinsipnya, pemberian layanan ini harus mudah diakses oleh semua masyarakat termasuk kelompok yang sulit dijangkau dan berisiko tinggi. Lalu, apa yang harus kita persiapkan untuk mrlakukan kebiasan adaptasi baru dalam kegiatan kita sehari-hari ? Sementara untuk lembaga pendidikan, terutama tingkat dasar sampai perguruan tinggi, sebaiknya belum dilakukan kebijakan new normal. Sebab, interaksi pendidikan sulit dielakkan sehingga memungkinkan terpapar wabah.

Mewajibkan pekerja menggunakan masker sejak perjalanan dari atau ke rumah, dan selama di tempat kerja. Satgas Penanganan COVID-19 Jateng menyiapkan operasi penegakan serentak di seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah. Penegakan serentak tersebut Situs Bola Online terkait pelanggaran protokol kesehatan. Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik merupakan evaluasi pelaksanaan keterbukaan informasi publik pada badan publik yang telah dilaksanakan selama kurun satu tahun terakhir.

“Hidup bersih dan sehat harus jadi pola kehidupan kita, setiap saat harus dilakukan. Berikan contoh kepada anak agar anak dapat meniru praktik baik dalam keluarga dan lakukan bersama. Beri pujian bagi anak jika mereka terlibat dalam aktivitas kebersihan dalam rumah serta biasakan komunikasi dua arah sehingga anak memahami kondisi yang sedang terjadi,” jelas Lenny. Awalnya Provinsi Jawa Barat berencana menerapkan new normal pada 1 Juni 2020. Namun muncul kebijakan memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.

Pandemi Covid-19 dan perubahan tatanan tersebut tentu berdampak luas bagi banyak sektor. Pasalnya berubahnya aktivitas masyarakat tersebut membuat dunia usaha sepi, seperti bidang pariwisata, transportasi online, penjuaan retail dan tentu di sektor energi. Protokol untuk mengatur konsep new normal, dalam proses pengkajian dan penyiapan.

Selain itu, tetap mengurangi kontak fisik dengan orang lain, dan menghindari kerumunan, serta menerapkan gaya hidup sehat. Agaknya, babak baru aktivitas new regular perlu dilakukan secara bertahap bagi menjamin keselamatan dan kesehatan bersama. Tahapan tersebut memungkinkan dilakukan evaluasi dan perbaikan kebijakan yang terkait new normal. Alangkah bijak bila tahap awal bagi kebijakan period new regular hanya pada beberapa sektor saja, seperti sektor perkantoran , rumah ibadah , transportasi, rumah sakit, dan sektor ekonomi lainnya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Pembatasan interaksi maksimal 50 % dari kapasitas yang tersedia. Pembukaan semua transportasi hanya dilakukan untuk dalam negeri, sementara luar negeri masih perlu ditutup karena tingkat kerawanan yang ditimbulkan.

Terlepas dari berbagai opsi kebijakan yang ditempuh, pemerintah Indonesia, seperti halnya pemerintah di negara lain, belum bisa memprediksi secara akurat kapan pandemi ini akan segera berakhir. Salah satu harapan terbesar agar pandemi ini bisa segera ditanggulangi adalah penemuan vaksin yang sedang diupayakan oleh berbagai ilmuwan di dunia. Namun demikian, seperti yang disampaikan oleh World Health Organization , temuan vaksin diperkirakan paling cepat dapat terlaksana pada 2021. Hal ini berarti, setidaknya sampai akhir tahun ini, seluruh masyarakat di dunia, tidak terkecuali Indonesia, harus membiasakan diri untuk hidup berdampingan dan berdamai dengan COVID-19.