Kembalinya Lebron James

Pertandingan pertama Lebron James setelah tidak bermain beberapa games.

Pastikan Keuangan Terkendali, Ini 4 Ideas Bijak Manfaatkan Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Setelah melakukan berbagai usaha untuk hidup hemat dan memiliki keuangan yang sehat, kamu tidak boleh lupa untuk membahagiakan dirimu sendiri. Kamu boleh kok hang around dengan teman-teman dan bersenang-senang, asalkan tidak berlebihan. Justru inilah saat yang tepat untukmu mengatur keuangan dengan baik agar nanti saat kamu sudah bekerja dan memiliki penghasilan tambahan kamu tidak akan kerepotan. Selain itu, kamu tidak boleh melupakan statusmu sebagai seorang mahasiswa. Tugas utamamu tetaplah belajar dan lulus kuliah, jadi jangan sampai kamu lalai dengan kewajiban dan lebih mementingkan pekerjaan.

Tentukan jumlah uang yang ingin ditabung setiap bulan dan pisahkan ketika menerima gaji. Misal, untuk biaya transportasi, simpan uang di aplikasi uang elektronik. Setelah semua data dituliskan, alokasikan uang untuk setiap fungsi pengeluaran. Selain pengeluaran pasti, data pula pengeluaran tidak terduga serta biaya hiburan, seperti berkumpul dengan teman atau melakukan hobi. Di sisi lain jika menggunakan jasa pihak ketiga mungkin saja biaya pengeluaran akan bertambah.

Tips mengatur keuangan

Mungkin hal ini tidak masalah jika persentase penggunaannya kecil, namun jika seluruh laba digunakan untuk kepentingan pribadi, tentunya sangat tidak baik untuk keberlangsungan usaha. Jadi pastikan keuntungan bisnismu digunakan untuk dana pengembangan baik untuk menyetok lebih banyak varian barang, menambah peralatan dan perlengkapan atau membuka cabang bisnis baru. Saat ini kita hidup di era generasi sandwich yang mana terhimpit baik dari atas maupun dari bawah. Karena orang tua di generasi sekarang rata-rata tidak mengelola keuangan dengan baik, sehingga menjadi masalah yang akhirnya bergantung pada keuangan anak.

Barulah, sejak Juli 2019 saya bisa mencicipi hasil warnet ini setiap bulannya. Usaha ini saya rintis sejak tahun 2017 dengan mengajukan pembiayaan Rp 50 juta ke bank. Bahkan utang tersebut dibayar dari hasil warnet selama 2 tahun. SK dijadikan jaminan ke bank untuk memperoleh kredit atau pembiayaan. Mengatur gaji ini cukup menantang, terlebih lagi bagi yang tidak terbiasa sama sekali. Saya sendiri sudah berkomitmen untuk membuat alokasi gaji bulanan atau budgeting.

Termasuk hindari utang konsumtif yang akan menjadikan kondisi keuangan Anda semakin sulit. Hal terakhir ini wajib Anda lakukan, untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat, atau malah melebihi dari anggaran yang telah Anda buat. Sisihkan pula 3–6 kali dari jumlah pengeluaran bulanan untuk dana darurat.

Untuk memastikan gaji yang tidak seberapa tersebut dapat mencukupi seluruh kebutuhan bulanan, cara lainnya adalah dengan memilih membeli barang-barang bekas daripada barang-barang baru. Menabung pun tidak hanya terbatas dalam bentuk uang saja, tetapi juga bisa dalam bentuk emas. Salah satunya dengan memanfaatkan produk Tabungan Emas dari Pegadaian.

Meskipun demikian, cara mengatur keuangan dasar yang dapat menghilangkan stres sebetulnya memiliki beberapa persamaan. Berikut lima hal yang harus Anda perhatikan dalam menyusun rencana keuangan. Setiap orang tentunya ingin memiliki masa depan yang lebih baik.