Menyongsong New Normal Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Lembaga Biologi Molekuler atau LBM Eijkman sempat menyatakan, virus corona tidak akan hilang dari muka bumi dalam waktu yang lama. Karena itu, istilah berdampingan lebih tepat digunakan daripada berdamai dengan virus corona. “Jadi istilah new regular, lockdown itu memang enggak sesuai UU. Sehingga kita kalau gunakan harus hati2. Termasuk juga dengan adaptasi baru itu,” ucapnya. Hukum Tata Negara mengajarkan bahwa dalam negara ada kewenangan pembentuk peraturan perudang-undangan. Namun demikian pembentuk peraturan perundang-undangan tersebut harus selalu memperhatikan kondisi dan keadaan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Perusahaan wajib membentuk Tim Penanganan Covid-19 di tempat kerja yang terdiri dari pimpinan, bagian kepegawaian, bagian K3 dan petugas Kesehatan yang diperkuat dengan surat keputusan dari pimpinan tempat Daftar Situs Judi Slot Terpercaya 2021 kerja. Namun, dunia usaha tidak mungkin selamanya dilakukan pembatasan, roda perekonomian harus tetap berjalan. Peliburan karyawan dalam jangka waktu yang lama dinilai bisa mengakibatkan ekonomi terhenti.

Untuk kereta rel listrik (krl/lrt/mrt) pada tahap kesatu dilakukan pembatasan jumlah penumpang palingbanyak forty five persen dari kapasitas penumpang di setiap kereta. Baru pada tahap kedua nantinya dilakukan pembatasan jumlah penumpang paling banyak 60 persen. Pada masa pandemi masyarakat Indonesia diharuskan hidup dengan tatanan hidup baru, yang dapat ‘berdamai’ dengan COVID-19. Adapun yang dimaksud dengan New Normal adalah suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan oleh masyarakat dan semua institusi yang ada di wilayah tersebut untuk melakukan pola harian atau pola kerja atau pola hidup baru yang berbeda dengan sebelumnya. Sejak pandemi COVID-19 muncul, hampir semua orang mengalami kendala untuk menjalani kehidupan normal akibat pembatasan yang perlu dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona. Demikian pula dengan kegiatan olahraga dan ekstrakurikuler, tidak diperbolehkan selama masa transisi, namun disarankan untuk melakukan kegiatan fisik di rumah.

Selama vaksin belum ditemukan, masyarakat dihimbau untuk patuh menaati dan menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. “Tidak diragukan lagi, saya pikir Anda akan mulai melihat persyaratan memakai masker untuk tamu dan staf,” kata Deflorian. “Terbukti bahwa masker dapat secara signifikan mengurangi penyebaran virus corona. Saya pikir Anda akan mulai melihat metode pelatihan baru untuk mengajar staf cara menunjukkan emosi sambil tetap mengenakan masker mereka.”

Peraturan baru dalam masa new normal

Adapun kapasitas penumpang untuk kereta reguler ini akan disesuaikan menjadi 70 persen, dari sebelumnya hanya 50 persen dari kapasitas maksimum. Apabila penambahan kapasitas ini berjalan kondusif, kata Zulfikri, maka akan dilakukan penambahan hingga eighty persen. Sementara untuk angkutan taksi / angkutan sewa khusus / angkutan sewa umum, kapasitas penumpang pada fase pertama di semua zona adalah 50 persen. Memasuki fase kedua dan ketiga, zona kuning dan hijau diperbolehkan menambah kapasitas penumpang hingga 75 persen, sementara zona merah dan oranye hanya diperbolehkan mengangkut 50 persen kapasitas penumpang. Permenhub Nomor 41 Tahun 2020 ditetapkan Menteri Perhubungan pada eight Juni 2020, di mana kapasitas angkutan darat, laut, udara maupun kereta api tidak lagi dibatasi maksimal 50 persen.

Kompetensi seperti ini Anda butuhkan agar jadi lebih fleksibel bekerja di mana pun. Uang baik kertas ataupun logam adalah salah satu benda yang sering berpindah-pindah tangan atau dipegang orang banyak. Hal tersebut memberi kemungkinan bahwa uang bisa menjadi tempat bersarangnya virus/ bakteri. Uang elektronik bisa menjadi alternatif metode pembayaran untuk mencegah penularan covid-19.

Diharapkan dengan seringnya menerapkan kebiasaan baru dimanapun, semakin mudah dan cepat menjadi norma individu dan norma masyarakat. Bila kebiasaan baru tidak dilakukan secara disiplin atau hanya dilakukan oleh sekelompok orang saja, maka hal ini bisa menjadi ancaman wabah gelombang kedua. Kebiasaan lama yang sering dilakukan, seperti bersalaman, cipika-cipiki, cium tangan, berkerumun/ bergerombol, malas cuci tangan harus mulai ditinggalkan karena mendukung penularan Covid-19. Kebiasaan baru untuk hidup lebih sehat harus terus menerus dilakukan di masyarakat dan setiap individu, sehingga menjadi norma sosial dan norma individu baru dalam kehidupan sehari hari. Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus corona, sebuah makhluk sangat kecil berukuran sekitar 125 nanometer namun bisa menyebabkan kematian. Covid-19 ditandai dengan munculnya gejala batuk pilek, flu, demam, gangguan pernapasan, namun ada juga yang tidak nampak/muncul gejalanya, dan dalam kondisi parah bisa menyebabkan gagal napas dan berakhir pada kematian.

Masyarakat perlu menerapkan hidup disiplin bila pola new regular mau diterapkan. Bila kesadaran masyarakat tinggi dan peduli dengan menerapkan pola hidup new normal, maka penyebaran Covid 19 dapat diatasi secara cepat. Namun, bila masyarakat tidak menerapkan hidup disiplin dan melanggar protokoler Covid 19, maka new normal tak dapat memberi solusi bagi aktivitas manusia, bahkan dikhawatirkan muncul Covid 19 gelombang kedua. Yang pasti, Polri akan mendukung penuh upaya pemerintah mencegah penyebaran covid. Hal ini mendapatkan kritikan dari masyarakat hingga muncul tagar #IndonesiaTerserah di jagat dunia maya. Tagar tersebut sebagai bentuk kekecewaan masyarakat terutama dari tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanggulangan pandemi Covid-19.