Hati

Misalnya, ketika anak meminta sesuatu, lalu Mam bilang tidak, kemungkinan besar ia akan merengek dan memaksa Mam untuk memenuhi keinginannya. Kejadian seperti ini biasanya memaksa orang tua untuk kemudian menuruti kemauan anaknya. Bekerja sama dengan inisiatif Parenting for Lifelong Health, UNICEF mengumpulkan beberapa kiat praktis untuk membantu para orang tua dan pengasuh menghadapi masa-masa pandemi corona. Hal ini wajar saat anak lelah, lapar, takut, atau sedang belajar mandiri. Lagipula, mereka pun jenuh karena harus terus-menerus berada di dalam rumah. Beri kesempatan pada si kecil untuk mengeluarkan emosinya terlebih dahulu, baru kemudian berbicara atau memberi perintah.

Mengutip dari Psychology Today, sikap keras kepala adalah bentuk penolakan terhadap sesuatu yang bertentangan dengan kemauannya. Anak yang keras kepala, entah itu anak perempuan atau laki-laki, cenderung menjadi sangat sensitif dan tidak dapat dibujuk oleh orang-orang di sekitarnya. Orangtua pun saat ini harus ekstra tenaga untuk bekerja sambil mendampingi anak belajar di rumah. Tak jarang, orangtua dibuat pusing dengan pekerjaan yang bertambah dan perilaku anak yang nakal. Lingkungan yang aman dan nyaman akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Kesibukan orang tua terkadang mengalahkan perhatian mereka untuk sang anak. Dampaknya, anak kurang mendapatkan bimbingan dan didikan yang benar dari orang tua, salah satunya tentang sopan santun. Anak pun cenderung berkembang menjadi pribadi yang egois, keras kepala, dan sering melawan orang tua. Tapi, terapis keluarga Tricia Ferrara menyarankan orang tua untuk melakukan strategi ‘serangan saat setrika dingin’ untuk menghadapi anak yang suka melawan.

Cara agar anak tidak melawan orang tua

Dengan Anda menjadi sahabat bagi anak jusru akan memudahkan Anda untuk mengetahui perkembangan anak. Dengan tertutupnya sikap anak akan membuat Anda semakin sulit memberikan nilai dan aturan yang harus perlu Anda terapkan. Tiba di rumah anak malah menjadi sumber meledaknya emosi orangtua karena mereka tidak mau melakukan atau mendengarkan orangtua. Bukanya orangtua bisa lebih rileks tapi bisa marah-marah karena anak tidak mau mendengarkan orangtua.

Usahakan juga untuk tidak bereaksi berlebihan ketika anak sedang berbohong pada kamu. Atasilah dengan membantu Si anak untuk mengatakan sesuatu hal dengan jujur sehingga dia akan terdorong untuk selalu berkata dan bertingkah jujur. Luangkan perhatian dengan menelpon, jemput di sekolah, atau ajak ia liburan. Jadi orang yang pertama tahu information & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ.

Jakarta – Pernah menghadapi situasi di mana anak hanya mau melakukan sesuatu yang diinginkan saja? Permintaan orang tua diabaikan dan bahkan cenderung tidak didengar? Di saat-saat seperti ini kesabaran orang tua memang benar-benar diuji. Anak nakal, tidak bisa diam, atau suka melawan tentu bisa membuat orangtua jengkel. Terkadang saat dimarahi, ia justru tidak mendengarkan Anda sama sekali.

Ketika permintaan anak tidak dituruti oleh orang tuanya, ia akan merasa menangis, marah, dan kesal. Mam mungkin akan terenyuh dan tak tega melihat si Kecil merasa sedih seperti itu. Namun, bukan berarti lantas Mam dapat mengubah sikap dan menuruti kemauan anak. Mam harus tetap konsisten dengan ucapan dan keputusan yang sudah diutarakan. Salah satu faktor yang dapat membuat anak cenderung manja adalah karena orang tua tidak konsisten dengan perkataannya.