Kembalinya Lebron James

Pertandingan pertama Lebron James setelah tidak bermain beberapa games.

5 Cara Mengelola Keuangan Yang Harus Kamu Mulai Dari Sekarang

Anda dapat menyisihkan 10% dari gaji bulanan untuk setoran dana pensiun. Langkah pertama mengatur THR dengan membuat daftar atau catatan keuangan yang disesuaikan dengan tujuannya. Pisahkan dana THR dengan gaji bulanan, lalu tentukan tujuan penggunaan dana tersebut.

Udah banyak kok aplikasi sekarang yang bisa bantu kamu untuk mencatat keuangan kamu. Ini salah satu alasan yang mungkin emang nggak kamu dapatkan secara langsung dan berbentuk fisik, seperti dana darurat diatas. Tapi, hal ini cukup membantu banget untuk seseorang yang ingin merubah kebiasaan buruk. Mengumpulkan uang memang jauh lebih susah dibandingkan menghabiskannya. Dengan perencanaan keuangan yang tepat, seperti contohnya menghemat dan menabung, niscaya semua tujuan yang ingin kamu capai pasti bisa terlaksana secara pelan pelan, kok! Tapi, tetap ingat ya, nggak ada hal yang instan, jadi tetap harus sabar untuk mewujudkan tujuan hidup kamu ini sembari mengelola keuangan kamu.

Karena biaya bunga untuk hutang yang diberikan justru semakin mencekik keuanganmu. Kembali lagi, untuk menghindari mimpi buruk ini semua hal perihal keuangan harus direncanakan dengan baik agar dikemudian hari bisnis milikmu terbebas dari berbagai kerugian. Baik itu bisnis setingkat UMKM atau bisnis berskala besar, hal ini penting dilakukan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa para first jobber muda identik dengan kegiatan bersenang-senang. Selama tak membuat keuangan jadi berantakan maka hal itu sama sekali tak ada salahnya. Usahakan jumlah dana yang dipakai untuk jajan maksimal 10% dari jumlah gaji. Selain gaya hidup, kebanyakan first jobber juga menghabiskan dana cukup banyak untuk menyewa tempat tinggal.

Batasi atau kurangi pengeluaran dengan tidak menggunakan kartu kredit dan memotong beberapa pos pengeluaran, seperti menutup cicilan mobil mahal dan barang mewah. Luangkan waktu untuk menentukan “The Only One” bank yang benar-benar membuat kamu lebih untung dan merasa aman menyerahkan tabunganmu di sana. Supaya keuangan kamu nggak berantakan, sebaiknya buka rekening tabungan dengan fungsi yang berbeda. Satu rekening khusus untuk belanja, sementara rekening lainnya khusus untuk tabungan.

Saat ini, memiliki tabungan emas sangatlah mudah dilakukan dan bisa dilakukan dari mana saja menggunakan smartphone. Ya, TemanDANA bisa membelinya melalui fitur DANA eMAS di aplikasi DANA. Transaksi jual beli dapat dilakukan dengan sangat mudah, praktis, dan aman, dengan harga yang kompetitif. Untuk investasi, kamu bisa menanamkan uangnya di beberapa instrumen investasi seperti deposito, reksadana pendapatan tetap atau emas. Instrumen investasi tersebut cukup likuid sehingga memudahkan kamu untuk mencairkannya saat ada kebutuhan mendesak.

Tips mengatur keuangan

Perencanaan keuangan yang baik tidak harus dimulai ketika punya penghasilan besar. Dengan gaji kecil pun, kamu bisa kok mengatur keuangan pribadi dengan baik. Mama juga bisa membuat simulasi dengan mengumpamakan besaran gaji bulanan, lalu dibagi jumlah hari agar didapat nilai gaji harian.